Rusunawa Rejosari Sudah Isolasi 10 Positif Corona tak Bergejala

Jumat, 11 September 2020 - 18:03:09 WIB

Zaini Rizaldi

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 10 orang pasien positif corona tidak bergejala atau OTG, saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Sehat Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari di Kecamatan Tenayan Raya.

"Iya, sekarang sudah ada 10 orang yang diisolasi di rusunawa," kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldi, Jumat (11/9/2020).

Dari 10 OTG yang diisolasi di Rumah Sehat, sebut dia, ada seorang anak-anak dan ibunya. Para OTG ini akan menjalani perawatan disana hingga dinyatakan sembuh atau negatif dari Covid-19.

Disampaikan Zaini, pihaknya telah menempatkan tenaga kesehatan untuk memberikan perawatan bagi positif corona OTG di Rumah Sehat. Tenaga kesehatan ini dibagai dalam tiga shift.

"Pagi ada dua orang, malam dua orang, dan sore dua orang. Tenaga kesehatan itu melakukan perawatan, memeriksa kesehatan. Kalau ada keluhan dari OTG atau ada yang perlu dirujuk (ke rumah sakit), tenaga kesehatan kita yang membantunya," terang dia.

Ia menuturkan, Rusunawa Rejosari memang sengaja dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebagai Rumah Sehat tempat isolasi pasien positif Covid-19 tanpa gejala. 

Ada sebanyak 360 tempat tidur dan ruang perawatan yang disiapkan di Rusunawa Rejosari. Isolasi bagi pasien positif covid-19 harus dilakukan di bawah pengawasan pemerintah.

"Hal itu agar isolasi dapat terkontrol dan tidak menyebabkan penyebaran virus, sehingga menimbulkan pertumbuhan kasus yang lebih tinggi," tutupnya. (abd)