Rusunawa Rejosari Tenayan Raya Isolasi 18 Positif Corona OTG

Rabu, 16 September 2020 - 13:20:40 WIB

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Pj Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil dan Plh Kepala Diskes Zaini Rizaldy beserta jajaran, saat meninjau Rumah Sehat di Rusunawa Rejosari Tenayan Raya, baru-baru ini.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat, saat ini masih terdapat sebanyak 18 positif corona tidak bergejala atau OTG yang menjalani isolasi di Rumah Sehat di Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari Tenayan Raya.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Hariya Deatzy menyebutkan, sebelumnya terdapat 20 OTG yang menjalani isolasi di rusunawa.

"Dua sudah sembuh, jadi sekarang tinggal 18 orang lagi," ungkapnya, Rabu (16/9/2020).

Disampaikan Hariya, bagi positif corona OTG yang ingin menjalani isolasi di Rumah Sehat bisa menghubungi pihak pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat.

"Alurnya melalui puskesmas, karena yang membawa OTG ke rusunawa harus ada pendampingan puskesmas dengan memakai protokol kesehatan, pakai APD level 3 dan menggunakan ambulans," ucapnya.

Jika kedatangan OTG ke rusunawa tidak didampingi tim medis dan menggunakan ambulans, sebut Hariya, maka tidak bisa diterima oleh petugas kesehatan yang berjaga di Rusunawa Rejosari.

"Jadi kalau tidak ada ambulans dan tim medis, tidak bisa kita terima di rusunawa," tegasnya.

Lebih jaug disampaikan Hariya, anjuran OTG diisolasi di rusunawa bertujuan memutus sebaran wabah Covid-19 yang mengalami peningkatan kasus sejak satu bulan terakhir.

"Kadangkan rumahnya tidak memadai sebagai tempat isolasi, maka OTG boleh meminta ke petugas puskesmas kalau mau dirawat di rusunawa. Jadi kita lebih menganjurkan ke rusunawa sehingga sebaran wabah ini bisa diputus khsusnya dari kontak dekat seperti keluarga," tutupnya. (abd)