Petisi Copot Menkes Terawan Sudah Ditandatangani Ribuan Orang

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 22:45:57 WIB

Presdien Jokowi dan Menkes Terawan Agus Putranto. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Betuah Jakarta - Sebuah petisi yang meminta Presiden Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari jabatannya sebagai Menteri Kesehatan, kini beredar luas.

Hingga Sabtu (3/10/2020), petisi online berjudul "Copot Terawan Sebagai Menteri Kesehatan" itu sudah ditandatangani sebanyak 4.700 orang dari target 5.000 partisipasi. Desakan terus menguat karena Terawan dinilai gagal menanggulangi pandemi virus corona.

Petisi online ini dibuat oleh Koalisi untuk Indonesia Bebas COVI9-19 yang terdiri dari JALA PRT, buruh Supinah, Presiden UIN Jakarta Sultan Rivandi, dan Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, dan Irma Hidayana dari LaporCovid19.

Pada bagian deskripsi, para penggagas petisi menilai Terawan telah gagal sebagai Menteri Kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Petisi ini menyebutkan Terawan sejak awal terkesan meremehkan pandemi virus corona.

"Penanganannya pun jadi tidak serius. Saat ini pun ia tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah seperti perlindungan tenaga kesehatan dan menekan angka penyebaran Covid-19," mengutip deskripsi petisi.

Selain itu, petisi juga menyoroti Terawan yang seolah enggan bicara di hadapan publik mengenai kinerjanya sejauh ini.

Tak ketinggalan, para penggagas petisi juga menyinggung sejumlah menteri kesehatan negara lain yang mengundurkan diri karena merasa gagal mengendalikan penyebaran virus corona.

"Alangkah terhormatnya, jika Bapak Terawan juga mengikuti koleganya di luar negeri dengan mundur sebagai Menteri Kesehatan karena telah gagal menjalankan tugasnya," tulis petisi seperti dikutip dari CNN Indonesia. (red)