Belasan Ketua RT dan RW di Kampung Bandar Senapelan Dijabat Kaum Ibu

Senin, 12 Oktober 2020 - 16:57:28 WIB

Camat Senapelan Fabillah Sandy, menyerahkan SK kepada Ketua RT 05, RW 01, Kelurahan Kampung Bandar.

Betuah Pekanbaru - Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, mencatat sejarah tentang kesetaraan gender. Terbukti, dari 27 RT dan RW di kelurahan tersebut, 13 di antaranya kini dijabat oleh kaum ibu.

Camat Senapelan Fabillah Sandy menyebutkan, 27 Ketua RT dan RW itu terpilih dalam pemilihan yang dilakukan baru-baru ini. Berdasarkan pemilihan yang berlangsung secara terbuka, dari 8 RW di Kampung Bandar, 2 orang di antaranya dimenangkan kaum ibu.

"Sementara untuk RT, dari 19 RT se Kampung Bandar, 11 orang sekarang ini dijabat oleh kaum ibu. Ini yang pertama terjadi, khsusnya di Kampung Bandar," ucapnya, Senin (12/10/2020).

"Ini tentu sejalan dengan program pemerintah tentang kesetaraan gender. Ini juga sesuai dengan keinginan masyarakat," ulas pria yang akrab disapa Obet ini.

Disampaikannya, 27 Ketua RT dan RW terpilih periode 2020-2025 tersebut sudah dilakukan pelantikan secara serentak pada Sabtu (10/10/2020) kemarin.

Belasan Ketua RT dan RW terpilih foto bersama usai pelantikan.

Kepada Ketua RT dan RW se-Kampung Bandar, Obet berpesan agar seluruhnya bisa dan mampu menjalankan amanah yang telah diberikan masyarakat.

"Kemudian RT dan RW juga harus mampu mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan program pemerintah sehingga sejalan dengan apa yang diinginkan masyarakat. Disinilah perlu sinergi antara pemerintah, jajaran RT-RW dan masyarakat," ujar mantan Sekretaris Disperindag Pekanbaru ini.

Menurut Obet yang sebelumnya pernah juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pajak Daerah Lainnya (PDL) Bapenda Pekanbaru ini, dengan adanya sinergi maka semua program pemerintah bisa terlaksana dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Begitu juga dengan keinginan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik melalui RT-RW," tutupnya. (abd)