Belajar Tatap Muka di Pekanbaru Dimulai, Sekolah Diingatkan Patuhi Prokes

Senin, 08 Februari 2021 - 14:01:08 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus dan rombongan, saat meninjau pelaksanaan belajar tatap muka di SMPN 23 di Jalan Garuda Sakti, Senin (8/2/2021).

Betuah Pekanbaru - Belajar tatap muka terbatas sebagai penguatan dari belajar dalam jaringan (daring) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Pekanbaru, telah dimulai terhitung Senin (8/2/2021).

Hanya saja, belajar tatap muka tahap pertama di tengah pandemi Covid-19 ini baru diprioritaskan bagi peserta didik kelas IX SMP.

Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri, belajar tatap muka dijadwalkan dimulai pada Selasa (9/2/2021) dan juga diprioritaskan bagi peserta didik kelas VI.

Pelaksanaan belajar tatap muka hari pertama, Senin (8/2/2021), ditinjau secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT didampingi Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama dan Sekdako Muhammad Jamil.

Peninjauan yang dipusatkan di SMPN 23 dan SMPN 40 tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Ismardi Ilyas, Kepala Dinas Kesehatan Muhammad Noer, Kepala BPBD Zarman Candra dan sejumlah pejabat lainnya.

Disampaikan walikota, dari peninjauan yang dilakukan, SMPN 23 dan SMPN 40 telah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pelaksanaan belajar tatap muka.

"Setelah kita lihat tadi, penerapan protokol kesehatan sudah mengikuti SOP belajar tatap muka," ucapnya.

Namun demikian, walikota tetap mengingatkan kepada pihak sekolah untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"Untuk itu, para siswa harus diatur mulai dari masuk sekolah, belajar, hingga ketika akan meninggalkan sekolah saat jam pulang sekolah. Mereka diimbau agar tidak bermain dan langsung pulang ke rumah," pesannya.

Dinas Pendidikan Pekanbaru sendiri telah mengusulkan sebanyak 124 sekolah yang terdiri dari 87 SD negeri dan 36 SMP negeri untuk melaksanakan belajar tatap muka. Seluruh sekolah yang diusulkan berada di zona kuning sebaran virus corona. (rki)