Jelang PK21, Dinas Dalduk KB Pekanbaru Beri Sosialisasi Kepada Supervisor

Kamis, 18 Februari 2021 - 18:03:59 WIB

Kepala Dinas Dalduk KB Pekanbaru Muhammad Amin, saat memberikan pengarahan pada sosialisasi PK21 di Hotel Ayola, Kamis (18/2/2021).

Betuah Pekanbaru - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru, memberikan sosialisasi tentang Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) kepada tim pengawas utama atau supervisor, bertempat di Hotel Ayola, Kamis (18/2/2021).

Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Kepala Dinas Dalduk KB Kota Pekanbaru Drs H Muhammad Amin mengatakan, sosialisasi itu merupakan persiapan awal Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk pemantapan para supervisor jelang PK21 yang dijadwalkan berlangsung secara nasional pada awal April mendatang.

"Jadi dalam sosialisasi tadi, kita beri pemahaman dulu tentang PK21 kepada supervisor. Setelah itu dilanjutkan (sosialisasi) kader pendata, dan baru dilakukan pencanangan oleh walikota," ungkapnya.

Disampaikan Amin, sosialisasi yang dilakukan telah sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Gubernur Riau agar pemerintah daerah menyiapkan seluruh perangkat yang ada untuk pendataan keluarga tahun 2021.

"Tujuan dari Pendataan Keluarga 2021 ini untuk menciptakan data yang baik dan valid sebagai salah satu bahan dasar data pembangunan di Kota Pekanbaru ke depannya," ucap dia.

Setelah sosialisasi, lanjut Amin, pihaknya akan mempersiapkan audiensi dengan Walikota Pekanbaru yang turut melibatkan seluruh pemangku wilayah seperti camat dan lurah untuk persiapan dan pelaksanaan PK21.

"Dalam audiensi nanti, walikota bisa memberikan pencerahan dan penekanan kepada pemangku wilayah supaya pendataan keluarga tahun 2021 bisa berlangsung baik di Kota Pekanbaru," paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Dalduk KB Kota Pekanbaru Doni Sali Irwan menambahkan, kegiatan sosialisasi PK21 bagi suvervisor hanya digelar selama satu hari dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"Kegiatan selama satu hari ini merupakan persiapan perangkat pendataan keluarga di Kota Pekanbaru sebagai pra persiapan sebelum kita kumpul (rapat) bersama dengan seluruh lurah dan camat yang ada," ujarnya.

"Sehingga ketika bersama camat dan lurah nanti, pak walikota dapan menekankan pentingnya pendataan ini bagi seluruh pemangku wilayah dan keluarga yang ada ditempatnya," tutup Doni menambahkan. (rki)