Sebaran Wabah Corona Menurun, Warga Dihimbau Tetap Patuhi Prokes

Jumat, 19 Februari 2021 - 15:12:51 WIB

Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Noer

Betuah Pekanbaru - Sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, kini mulai terjadi penurunan di Kota Pekanbaru.

Dari data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, sejak sepekan terakhir jumlah warga yang terpapar virus corona hanya di angka rata-rata 50 orang per hari.

"Alhamdulillah, trennya terus menurun. Tidak seperti sebelumnya mencapai ratusan kasus per hari," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru Muhammad Noer, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, penurunan kasus positif terus terjadi terutama terhadap tenaga kesehatan (nakes) sejak adanya program vaksinasi yang dilakukan pemerintah.

"Jadi trennya trus menurun terutama dengan adanya vaksinasi yang dilakukan pemerintah, khususnya nakes," ucapnya.

Penurunan wabah, lanjut Noer, juga merupakan bentuk dari keberhasilan pemerintah yang secara konsisten menyampaikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Harapan kita, masyarakat juga harus konsisten menerapkan 4 M. Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan. 4 M ini tidak boleh kendor, masker mu melindungi ku, masker ku melindungimu," ujarnya. (abd)