21 Kelurahan di Pekanbaru Sudah Zona Hijau Sebaran Virus Corona

Jumat, 19 Februari 2021 - 20:42:08 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Dari 83 kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan se-Kota Pekanbaru, sebanyak 21 kelurahan di antaranya kini sudah berstatus zona hijau penyebaran wabah virus corona.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT mengatakan, hal itu sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di seluruh kelurahan.

Berdasarkan pemetaan itu, terang walikota, diketahui juga sebanyak 42 kelurahan sudah masuk zona kuning dengan tingkat penyebaran wabah rendah, dan 14 kelurahan zona oranye dengan tingkat sebaran wabah sedang.

Sementara 6 kelurahan lagi masih berada di zona merah dengan tingkat sebaran wabah tinggi. Hanya saja, walikota tidak merincikan kelurahan mana saja yang masuk zona merah tersebut.

Disampaikannya, hasil pemetaan zona corona itu diperlukan oleh pemerintah kota sebagai acuan dalam mengambil kebijakan pelaksanaan belajar tatap muka.

"Hasil pemetaan ini tetap jadi pedoman dan penyelenggaraan belajar tatap muka," tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Noer juga mengungkapkan jika saat ini sebaran wabah virus corona sudah mulai berkurang.

Dari data Dinas Kesehatan, sebut dia, penurunan sebaran wabah sudah terjadi sejak sepekan terakhir dengan jumlah warga yang terpapar virus corona hanya di angka rata-rata 50 orang per hari.

"Alhamdulillah, trennya terus menurun. Tidak seperti sebelumnya mencapai ratusan kasus per hari," ucapnya.

Diterangkan Noer, penurunan sebaran wabah seiring dilakukannya program vaksinasi disertai konsistensi pemerintah yang secara terus menerus memberikan edukasi kepada warga agar disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Harapan kita, warga juga harus konsisten menerapkan 4 M. Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan. 4 M ini tidak boleh kendor," tutupnya. (abd)