Empat Kecamatan di Pekanbaru Ini Rawan Kebakaran Lahan

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:12:30 WIB

Petugas pemadam tengah melalukan pemadaman kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Payung Sekaki, beberapa waktu lalu.

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus MT mengungkapkan, terdapat 4 kecamatan di Ibukota Provinsi Riau yang rawan terjadinya kebakaran lahan.

Keempat kecamatan dimaksud di antaranya Payung Sekaki, Tenayan Raya, Bina Widya, dan Kecamatan Tuah Madani.

Menurut walikota, peralihan musim yang terjadi saat ini dari musim hujan ke musim kemarau mesti mendapat perhatian serius dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait karena musim kemarau yang melanda disertai dengan tingkat kekeringan tinggi.

"Tentu ini juga ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Musim kering ini terlihat jelas di Pulau Sumatera. Berbeda dengan pulau Jawa yang masih basah hingga kini," ucapnya, Kamis (25/2/2021).

Dengan tingkat kekeringan yang tinggi itu, maka rawan terjadi kebakaran. Dalam rapat virtual dengan presiden di awal pekan, wilayah yang rawan terutama Riau termasuk Pekanbaru harus siap siaga. 

"Jangan terulang lagi peristiwa karhutla seperti 2015 lalu, yang membuat negara tetangga komplain," ujarnya.

Bagi Pekanbaru, lanjut walikota, sinergi harus terbangun antara pemerintah dan masyarakat. Dalam mencegah karhutla, Pekanbaru telah membentuk kelurahan siaga. Masyarakat Peduli Api (MPA) juga sudah terbentuk. 

"Kami harapkan semua komponen ini bisa mengantisipasi karhutla, khususnya di kecamatan yang rawan terjadinya kebakaran lahan," tutupnya. (abd)