PK21 Dimulai dari Rumah Walikota, Disdalduk KB Pekanbaru Terjunkan 1.612 Kader

Kamis, 01 April 2021 - 13:35:26 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Kepala Dinas Dalduk KB Muhammad Amin dan Camat Senapelan Fabillah Sandy, saat didata oleh kader PK21, Kamis (1/4/2021).

Betuah Pekanbaru - Pendataan Keluarga Tahun 2021 atau PK21 telah dimulai secara serentak di seluruh wilayah tanah air terhitung Kamis (1/4/2021). Di Kota Pekanbaru, PK21 ini dimulai dari rumah dinas Walikota Pekanbaru.

"Pendataan perdana ini juga bentuk peluncuran pendataan Keluarga Tahun 2021," ucap Walikota Pekanbaru Firdaus, usai didata oleh kader Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB), Kamis pagi.

Dikatakan walikota, PK21 sesuai jadwal akan berlangsung terhitung 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang. "Proses pendataan selama 60 hari ini harus dioptimalkan. Mereka juga harus menyesuaikan jadwal dengan Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.

Kepada kader yang bertugas melakukan pendataan, walikota mengingatkan agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Untuk antisipasi, kader pendata diharapkan disuntik vaksin.

"Kalau bisa disuntik vaksin secara bertahap untuk antisipasi penyebaran Covid-19 saat melakukan pendataan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dalduk KB Pekanbaru Muhammad Amin melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Doni Sali Irwan menyebutkan, terdapat sebanyak 1.612 kader yang melakukan pendataan yang tersebar di 3.100 RT yang ada di Kota Pekanbaru.

Disampaikannya, ada dua sasaran dalam pendataan keluarga tahun ini. Mereka yakni keluarga dan keluarga khusus.

"Proses pendataan dengan metode sensus, para kader datang langsung ke rumah keluarga sasaran," jelasnya.

Dirinya mengatakan bahwa pendataan keluarga ini penting untuk penyediaan data keluarga. Hasil pendataan keluarga ini juga menjadi pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pemerintah. (abd)