PUPR Pekanbaru Gandeng BWSS Atasi Banjir di Aliran Sungai Sail

Senin, 05 April 2021 - 23:13:29 WIB

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, menggandeng Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk menyelesaikan persoalan banjir di sepanjang aliran Sungai Sail.

Karena ketika musim penghujan, rumah warga di pinggiran aliran Sungai Sail kerap direndam banjir dengan kedalaman air bervariasi hingga 1,5 meter.

"Hari ini kita sedang join survei pertama (dengan BWSS) berkaitan dengan Sungai Sail itu," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Senin (5/4/2021).

Disampaikannya, saat terjadinya banjir pada akhir Maret kemarin, BWSS sudah menerbangkan drone di atas Sungai Sail. Dari drone itu kelihatan ada dua titik penyempitan yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

"Terutama di belakang Jondul, kemudian di belakang waterboom Kuantan Regency," ungkapnya.

Rumah warga di aliran Sungai Sail yang direndam banjir akhir Maret kemarin.

Dari hasil pemantauan drone itu, BWSS bersama Dinas PUPR langsung turun melakukan survei. Hasil survei tersebut akan dibahas bersama Dinas PU Riau guna menentukan langkah-langkah penanganan yang akan diambil.

"Yang jelas, langkahnya normalisasi. Cuma apakah BWSS bisa melakukannya sendiri, atau  bekerjasama juga dengan kita," tutup Indra. (rki)