Belasan Ormas Terima SPKO dari Kesbangpol Pekanbaru

Selasa, 06 April 2021 - 14:30:06 WIB

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, saat menyerahkan SPKO ke pengurus Yayasan Sahabat Cinta Umat.

Betuah Pekanbaru - Terhitung Januari hingga awal April 2021, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru telah menyerahkan Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi (SPKO) kepada belasan organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Sudah ada sekitar 15 sampai 20 SPKO yang kita serahkan ke organisasi kemasyarakatan seperti yayasan, LSM dan paguyuban," kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Selasa (6/4/2021).

Disampaikannya, untuk bisa mendapatkan SPKO, ormas bersangkutan mesti mengajukan surat permohonan pendaftaran organisasi ke Kesbangpol.

"Permohonan yang masuk, kemudian kita lakukan verifikasi berkas untuk memastikan administrasinya lengkap seperti terdaftar di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)," ungkapnya.

Setelah berkas administrasi dinyatakan lengkap, lanjut pria yang akrab disapa Bang Zoel ini, pihaknya akan melanjutkan dengan peninjauan lapangan ke sekretariat ormas yang bersangkutan.

"Jadi ormas tersebut harus memiliki sekretariat dan pengurusnya lengkap. Kemudian di sekretariat harus ada lambang Garuda, bendera merah putih, foto presiden dan wakil presiden, serta foto kepala daerah," paparnya.

"Kalau semuanya lengkap, baru kita berikan surat pencatatan keberadaan organisasi," ulas mantan Kepala Badan Satpol PP dan Linmas Kota Pekanbaru ini. (abd)