Sekolah di Pekanbaru Tetap Belajar Tatap Muka Selama Ramadhan

Kamis, 08 April 2021 - 20:21:46 WIB

Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas

Betuah Pekanbaru - Belajar tatap muka secara terbatas tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Pekanbaru, tetap dilangsungkan selama Ramadhan 1442 H.

"Bulan puasa (belajar tatap muka) masih jalan. Lanjut, tak ada perubahan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, dalam Bulan Suci Ramadhan tidak mempengaruhi belajar tatap muka bagi peserta didik yang telah digelar sejak Februari lalu. Karena belajar tatap hanya secara terbatas.

Selama di sekolah, lanjut Ismardi, peserta didik pun hanya belajar sekitar dua jam dalam satu kali pertemuan.

"Karena kan sekarang juga sudah terbatas betul. Kalau kita kecilkan lagi waktunya (kurang dari dua jam), nanti gak ada gunanya (belajar tatap muka)," tegas dia.

Untuk pelaksanaan belajar tatap muka selama Ramadhan ini, Dinas Pendidikan telah menerbitkan surat edaran tentang perpanjangan belajar dari rumah, libur puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H di satuan pendidikan.

Terdapat sejumlah poin dalam SE tertanggal 1 April 2021 tersebut, di antaranya:

Pertama, libur awal puasa Ramadhan 1442 H pada tanggal 13-14 April 2021.

Kedua, pembelajaran pada Bulan Ramadhan 1442 H mulai dari tanggal 15 April hingga 8 Mei 2021.

Ketiga, pembelajaran tatap muka terbatas tetap dilaksanakan bagi sekolah yang berada di zona hijau dan kuning.

Keempat, bagi sekolah yang berada di zona merah dan oranye melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Kelima, peserta didik PAUD, SD kelas 1, 2 dan 3 libur selama puasa Ramadhan 1442 H. Keenam, petunjuk teknis kegiatan selama Ramadhan 1442 H diatur sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Terakhir atau ketujuh, libur hari raya Idul Fitri dimulai tanggal 10 hingga 22 Mei 2021. (rki)