Kaji Potensi Parkir, Dishub Pekanbaru Minta Masukan Ahli Ekonomi dan Pandemi

Kamis, 27 Mei 2021 - 13:03:16 WIB

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, meminta masukan dari ahli ekonomi dan pandemi guna mengkaji potensi retribusi parkir di 88 ruas jalan yang akan diserahkan ke pihak ketiga.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso menyebutkan, masukan dari ahli ekonomi diperlukan mengingat potensi parkir yang masih dijadikan acuan hingga sekarang merupakan hasil kajian pada 2018 lalu atau sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

"Sementara saat ini kita masih di tengah pandemi. Pandemi ini telah membuat pertumbuhan ekonomi negatif, maka kita minta masukan dari ahli ekonomi," ucapnya, Kamis (27/5/2021).

Masukan dari ahli ekonomi tersebut, kata dia, kini tengah dirumuskan pihaknya untuk penetapan target parkir di 88 ruas jalan yang akan disayembarakan.

"Jadi sekarang masukan ahli ekonomi sedang kita rumuskan, karena kita tidak ingin hanya kita yang melakukan penilaian," ungkapnya.

Menurut Yuliarso, pengkajian ulang potensi parkir diperlukan karena target yang akan ditetapkan harus mengacu pada pergerakan orang dan kendaraan di dalam kota.

"Karena pakir ini terkait pergerakan orang, pergerakan kendaraan. Kalau pergerakan bebas, maka itu potensi akan besar. Karena sekarang ada penyekatan, pembatasan, tentu ini sangat berpengaruh," ujarnya.

Sementara masukan dari ahli pandemi untuk mendapatkan gambaran tentang penyebaran wabah Covid-19. "Ahli pandemi yang kita hubungi dr Wildan. Ini (pandemi) sampai kapan (berakhirnya)," tutup mantan Camat Rumbai Pesisir ini. (abd)