Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pekanbaru Alami Fluktuasi

Senin, 31 Mei 2021 - 14:05:29 WIB

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Pasca lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisonal dalam Kota Pekanbaru mengalami fluktuasi atau naik turun.

"Ada beberapa jenis komoditi yang mengalami fluktuasi yang cuku signifikan. Seperti cabai dan beberapa item lainnya," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (31/5/2021).

Dikatakannya, harga kebutuhan pokok yang fluktuasi itu karena disaat yang bersamaan ada musim panen dan juga adanya permintaan yang cenderung menurun pasca lebaran.

"Juga ditambah lagi dengan suasana pembatasan pandemi Covid-19, sektor-sektor industri kuliner kita mengalami pengurangan jam usaha kemudian juga pembatasan lainnya sehingga ini mengurangi kebutuhan mereka," ucap Ingot.

"Saya kira faktor-faktor ini yang menyebabkan permintaan terhadap komoditi terjadi penurunan. Jika permintaan turun, sementara suplainya banyak, otomatis pasti harganya turun," ulas dia.

Namun dari pengawasan yang dilakukan DPP, terang Ingot, sebagian besar harga kebutuhan pokok di pasar dalam kota cukup stabil pasca lebaran Idul Fitri 1442 H.

"Kalau untuk harga kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru pada umumnya stabil," tutup Ingot. (rki)