Diskes Pekanbaru Tarik Ribuan Vial Vaksin dari Puluhan Rumah Sakit

Selasa, 08 Juni 2021 - 20:40:14 WIB

Tim medis dari Diskes Pekanbaru bersiap menyuntikan vaksin kepada warga.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, melakukan penarikan ribuan vial vaksin covid yang sebelumnya telah didistribusikan ke 28 rumah sakit yang ada di Kota Bertuah.

"Sampai kemarin (Senin) sudah ada sekitar 1.800 vial vaksin yang kita tarik. Itu bisa untuk 18.000 suntik atau dosis," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Selasa (8/6/2021).

Disampaikannya, kebijakan penarikan vaksin dari 28 rumah sakit itu lantaran ada ketidakcocokan data antara vaksin yang tersisa dengan warga yang telah disuntik vaksin di puluhan rumah sakit tersebut.

"Vaksin disuntikan tapi tidak cocok dengan data P-Care," ungkapnya.

Seharusnya, sebut Arnaldo, data jumlah vaksin seharusnya terdapat dalam Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE).

"Pihak rumah sakit harusnya memasukkan data warga yang sudah suntik vaksin dalam data P-Care. Mereka yang sudah suntik vaksin mestinya tercatat. Petugas melakukan input dalam data P-Care," ucapnya.

Lantaran jumlah vaksin yang tersedia tidak sinkron dengan data di 28 rumah sakit, lanjut dia, hal itu mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat yang akibatnya tidak ada tambahan vaksin untuk Kota Pekanbaru.

"Data ini jadi pertimbangan kementerian menambah pasokan vaksin ke Kota Pekanbaru. Namun data di P-Care tidak mereka input," paparnya.

Diskes Pekanbaru sendiri, terang Arnaldo, tidak punya regulasi untuk mengakses P-Care. Untuk itu, Ia meminta direktur rumah sakit mengembalikan dan menyelesaikan data yang diminta agar vaksin bisa didistribusikan kembali.

"Jadi penarikan kita lakukan karena ada ketimpangan antara vaksin yang terpakai dan yang tercatat di rumah sakit," tutupnya. (abd)