Hoaks Vaksin Sebabkan Kematian di Usia Muda, Wawako: Ini Mendahului Malaikat Maut

Rabu, 09 Juni 2021 - 12:32:12 WIB

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Media sosial (medos) hingga kini masih diramaikan oleh hoaks seputar suntik vaksin yang terus digalakan pemerintah guna mencegah dan memutus sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Bahkan, Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengaku menerima langsung sejumlah pesan hoaks atau informasi palsu seputar vaksin tersebut melalui WhatApp.

Dikatakan Ayat, pada pesan yang ia terima itu ada yang menyebutkan jika di bekas suntikan vaksin bisa menempel besi seperti ada tarikan magnet.

"Katanya kalau divaksin, itu di bekas suntikan nempel magnet, besi berani. Alhamdulillah, saya sudah selesai divaksin tidak ada masalah, sehat-sehat saja," ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Kemudian, lanjut dia, juga ada pesan yang menyatakan bahwa vaksin Sinovac yang disuntikan bisa menyebabkan kematian di usia muda.

"Astagfirullah, saya bilang ini mendahului Malaikat Maut. Ingat, urusan mati itu urusan Allah. Saya sempat balas pesan tersebut, saya tulis Kullu Nafsin Zaaiqatul Ma?t (setiap yang bernyawa pasti akan mati)," ucap politisi PKS ini.

Disampaikan wawako, mestinya semua pihak terutama masyarakat bisa mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah guna menyukseskan berbagai upaya pencegahan seperti pelaksanaan vaksinasi secara massal.

"Jadi ini penting adanya dukungan dari masyarakat," tutup mantan Anggota DPRD Provinsi Riau ini. (abd)