Pemprov Riau Kerahkan 60 Ambulans Jemput Warga Pekanbaru yang Isoman

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:30:09 WIB

Wagubri Edy Natar Nasution saat melepaskan ambulans yang bertugas menjemput pasien covid yang menjalani isolasi mandiri di Kota Pekanbaru, Kamis (15/7/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, mengerahkan sebanyak 60 ambulans guna menjemput warga Kota Pekanbaru yang positif covid dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah pribadi.

Wakil Guberbur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menyebutkan, dari data Dinas Kesehatan Riau dan Pekanbaru, tercatat sebanyak 455 warga Kota Bertuah yang kini tengah menjalani isoman di rumah tempat tinggal.

"Kita akan menjemput saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan isolasi mandiri yang jumlahnya 455. Selanjutnya akan ditempatkan ke isolasi mandiri yang disiapkan oleh pemerintah," ucap Wagubri didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, pada pelepasan 60 ambulans untuk menjemput pasien Covid-19, bertempat di halaman Kantor Gubernur Riau, Kamis (15/7/2021).

Guna mempermudah proses penjemputan, kata dia, petugas yang menjemput telah diinformasikan tentang identitas dan alamat dari masing-masing warga yang menjalani isoman tersebut.

"Petugas akan membawa pasien Covid -19 ke tempat isolasi mandiri yang telah disiapkan pemerintah," ujarnya.

Ia berharap seluruh pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri di rumah masing-masing, hari ini bisa dievakuasi ke fasilitas pemerintah. Wagubri yakin dengan jumlah 60 ambulans tersebut dapat menyelesaikan penjemputan seluruh pasien covid.

Pihaknya berharap dengan adanya aksi ini, penanganan isolasi mandiri di Provinsi Riau bisa ditangani secara lebih baik lagi. Sehingga tingkat penyembuhan Civid-19 di Provinsi Riau, khususnya di Kota Pekanbaru dapat meningkat.

"Sampai saat ini ruang isolasi, termasuk tempat tidur masih mencukupi untuk pasien Covid-19. Tetapi kita juga perlu mengantisipasi terjadi ada lonjakan," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Wagubri, tidak ada kriteria khusus dalam penjemputan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah untuk dipindahkan ke ruang isolasi mandiri yang telah disiapkan oleh pemerintah. 

"Semua yang terpapar Covid-19 itu kita tempatkan pada prioritas yang sama penanganannya," tutup dia seperti dikutip dari laman Media Center Riau.***