Swab di Pintu Masuk Pekanbaru, 12 Warga Luar Provinsi Reaktif Covid

Kamis, 05 Agustus 2021 - 21:24:18 WIB

Tim gabungan saat berjaga di salah satu pintu masuk menuju Kota Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Tim gabungan yang berjaga di pintu masuk Kota Pekanbaru, telah mendapati sebanyak 12 warga luar provinsi yang dinyatakan reaktif atau terindikasi terpapar virus corona setelah menjalani swab antigen.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Khairunnas yang juga tim penyekatan jalan menyebutkan, selama penerapan PPKM level 4 tahap dua sudah terdapat 25 warga luar provinsi yang hendak masuk ke Pekanbaru.

Sesuai aturan PPKM level 4, kata dia, warga luar provinsi wajib menjalani swab antigen di pintu masuk guna memastikan warga bersangkutan tidak terpapar virus covid.

"Jadi dari 25 orang pendatang yang kami swab di pintu masuk, 12 di antaranya reaktif," ungkapnya, Kamis (5/8/2021).

Saat ini, terang Khairunnas, belasan warga luar provinsi yang reaktif covid itu telah diisolasi di sejumlah fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Pemko Pekanbaru.

"Ada yang diisolasi di Rusunawa Rejosari dan di gedung Bapelkes untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," ucapnya.

Disampaikannya, swab di pintu masuk wajib dijalani warga luar provinsi meskipun warga bersangkutan telah mengantongi sertifikat vaksin dan surat bebas covid. "Wajib kita tes lagi di sini bagi yang datang dari luar provinsi," ujarnya.

Sementara bagi warga kabupaten/kota tetangga, lanjut Khairunnas, masih diberikan dispensasi untuk masuk ke Pekanbaru dengan catatan memiliki sertifikat vaksin serta untuk keperluan berobat.

"Juga kalau ada keluarga yang meninggal dunia, mereka diizinkan masuk," tutupnya. (rki)