Danrem Wirabima dan Walikota Lepas Tim Patroli PPKM Gabungan

Senin, 16 Agustus 2021 - 23:40:52 WIB

Pelepasan tim patroli PPKM gabungan di Makodim 0310 Pekanbaru, Senin (16/8/2021).

Betuah Pekanbaru - Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed dan Walikota Pekanbaru Firdaus, melepas tim patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) gabungan, bertempat di Makodim 0310 Pekanbaru, Senin (16/8/2021).

Nantinya, tim patroli PPKM gabungan itu akan bertugas mendisiplinkan warga agar menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain menegur, tim juga akan membagikan masker kepada warga pelanggar.

"Jadi, tim ini juga membawa masker. Tapi, warga juga jangan terus ditegur agar memakai masker. Teguran itu supaya tidak melakukan lagi," ucap Brigjen TNI M Syech Ismed.

Tim patroli PPKM ini juga akan memberikan imbauan di tempat warga berkerumun. Warga dihampiri dan diberi tahu bahwa Pekanbaru sedang PPKM level 4. Sehingga, kerumunan harus dihindari. 

"Warga yang berkerumun akan diberikan masker dan diminta membubarkan diri. Inilah tugas tim ini," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, tim Covid-19 Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru saling bersinergi. Pemko Pekanbaru telah membuat tim khusus dalam percepatan sosialisasi prokes yang dipimpin oleh Dandim. 

"Untuk itu, saya menyambut baik pelepasan tim patroli PPKM gabungan ini. Tim ini gabungan TNI, Polri, dan BPBD dimana koordinatornya oleh Dandim," ujarnya. 

Pemko Pekanbaru juga telah membentuk tim pelaksana PPKM yang dipimpin Kapolresta. Pemko Pekanbaru juga membuat tim tracing Covid-19 yang dipimpin Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, tim percepatan vaksinasi dipimpin Sekdako Muhammad Jamil, serta tim Satgas Persediaan Oksigen Asisten II El Syabrina. 

"Ini artinya ada percepatan yang kami buat sesuai amanat presiden," paparnya.

Di samping tim-tim itu, penyekatan jalan dilakukan di jalan protokol. Hasil evaluasi tim nasional, penyekatan jalan ini mampu mengurangi mobilitas warga hingga 28 persen. (rls)