Raih TPID Award 2020, Pekanbaru Terbaik di Sumatera Kendalikan Laju Inflasi

Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:09:08 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masuk salah satu dari 4 kabupaten/kota di Tanah Air yang meraih Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2020 dari Pemerintah Pusat.

Capaian itu menempatkan Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau menjadi daerah terbaik di Pulau Sumatera yang mampu mengendalikan laju kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

"Alhamdulillah, Kota Pekanbaru mendapat apresiasi sebagai satu daerah yang dapat mengendalikan laju inflasi daerah," ucap Walikota Pekanbaru Firdaus, usai mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021 secara virtual yang dibuka oleh Presiden RI didampingi Menko Bidang Ekonomi dengan Tema "Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan Melalui Oplltimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan", Rabu (25/8/2021).

Pada rakornas itu, kata Firdaus, juga dilakukan evaluasi terhadap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kota Pekanbaru. Hasilnya, Kota Pekanbaru meraih poin mencapai 90 sehingga menjadi satu dari terbaik di tingkat nasional.

Capaian ini juga menjadikan Kota Pekanbaru sebagai satu kota digital. Untuk itu, Firdaus sangat bersyukur dengan berbagai capaian dan prestasi yang diraih pemerintah kota.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang tinggi mesti bisa mengendalikan inflasi hingga ke titik terendah. Namun jangan sampai ekonomi tinggi dan inflasi juga ikut tinggi.

"Kita berupaya untuk melakukan percepatan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi seiring dengan pengendalian inflasi," paparnya.

Firdaus menyebut bahwa sektor pangan menjadi perhatian dalam pengendalian inflasi. Ia menyebut indikator penentu inflasi daerah kebanyakan di sektor bahan pangan.

"Maka kita perkuat UMKM agar bersinergi, serta menggunakan teknologi IT dari produksi hingga pemasaran," tutupnya. (rki)