Disdik Pekanbaru Wacanakan Belajar Tatap Muka Mulai Pekan Ini

Rabu, 08 September 2021 - 15:20:01 WIB

Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, mewacanakan belajar tatap muka terbatas akan dimulai dalam pekan ini seiring telah turunnya status Pekanbaru dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV ke level III.

"Karena kita sudah level tiga, itu sudah boleh sekolah. Kalau bisa, hari Kamis (9/9/2021) ini kita mulai buka sekolah," kata Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas, Rabu (8/9/2021).

Untuk tahap awal, sebut dia, belajar tatap muka terbatas hanya diterapkan di sekolah negeri. Terdapat sebanyak 177 Sekolah Dasar (SD) negeri dan 45 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri yang telah siap memulai sekolah tatap muka.

Sesuai ketentuan, kapasitas belajar tatap muka maksimal 50 persen dari total peserta didik. Kecuali untuk SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB yang maksimal 62 persen sampai dengan  100 persen. 

Kemudian untuk waktu belajar tatap muka sendiri hanya 2 hingga 3 jam dalam sehari, dengan jumlah pertemuan dua kali dalam satu pekan.

"Aturannya kita mengacu kepada SKB (Surat Keputusan Bersama) empat menteri," ungkap Ismardi.

Nantinya, lanjut Ismardi, pihak dinas akan menurunkan tim ke sekolah-sekolah guna memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat selama proses belajar mengajar berlangsung.

"Tim ini untuk memastikan sekolah telah menyediakan fasilitas prokes dan metode pelajaran sesuai standar prokes," tutupnya. (abd)