Pekanbaru Pilot Project Penerapan Aplikasi Srikandi Tingkat Nasional

Rabu, 08 September 2021 - 19:27:18 WIB

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Nelfiyona, foto bersama Plt Kepala Dispusip Kota Padang Endrizal dan jajaran, Rabu (8/9/2021).

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, ditetapkan sebagai pilot project atau daerah percontohan dalam penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

"Aplikasi Srikandi ini dimanfaatkan untuk mengatur sistem tata kelola kearsipan agar berjalan efisien dan efektif. Sehingga bisa mewujudkan pelayanan publik yang cepat dan aman," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru Nelfoyona, dalam kunjungan kerja menerima Plt Kepala Dispusip Kota Padang Endrizal dan jajaran, Rabu (8/9/2021).

Disampaikannya, aplikasi Srikandi merupakan integrasi antara pengolahan arsip dinamis yang setiap informasi berbasis analog dan digital yang terekam dengan baik, sehingga ke depannya bisa menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa. 

"Hal itu diatur dalam Surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 679 Tahun 2020 tentang aplikasi umum bidang kearsipan dinamis dan pelaksanaannya," ucap dia.

Melalui aplikasi Srikandi, terang Nelfiyona, diharapkan dapat membuat tata kelola Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru lebih unggul, terintegrasi, dinamis dan aman. 

"Karena pengelolaan arsip yang baik dan benar dapat memberikan manfaat ke berbagai birokrasi, khususnya dalam pemanfaatan pertanggungjawaban kinerja pelayanan publik," tegasnya.

Dalam kunjungan itu juga membahas mengenai berbagai inovasi yang dimiliki oleh Dispusip Kota Pekanbaru, di antaranya aplikasi membaca buku elektronik iPekanbaru, aplikasi memorabilia, maupun layanan Sipusiaga. 

"Diskusi ini diharapkan bisa memberikan dampak positif dalam pengelolaan dan penataan perpustakaan dan kearsipan Kota Padang lebih baik lagi ke depannya," harap Nelfiyona. (rls)