Ratusan Sekolah Swasta di Pekanbaru Minta Diizinkan Belajar Tatap Muka

Senin, 13 September 2021 - 21:09:25 WIB

Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas/Net

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, hingga kini telah menerima permohonan dari 234 sekolah swasta agar diberi izin melangsungkan belajar tatap muka secara terbatas seperti sekolah negeri.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas menyebutkan, ratusan sekolah swasta yang meminta rekomendasi itu terdiri dari 80 Sekolah Dasar (SD), 66 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 88 Taman Kanak-kanak (TK).

Sebelum memberikan rekomendasi, kata dia, Disdik sendiri akan menurunkan tim terlebih dahulu guna memeriksa fasilitas protokol kesehatan (prokes) di masing-masing sekolah bersangkutan.

Sebab, fasilitas prokes menjadi syarat utama bagi sekolah yang ingin melangsungkan belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

"Bagi yang sudah dapat rekomendasi, maka sekolah sudah boleh buka," ucapnya, Senin (13/9/2021).

Kemudian selama proses belajar mengajar berlangsung, lanjut Ismardi, tim akan terus mengevaluasi fasilitas protokol kesehatan yang disiapkan. Tim secara berkala akan turun ke masing-masing sekolah untuk mengawasi.

"Sejauh ini kita lihat dari hasil survei sudah cukup disiplin. Karena di dalam kelas ada satu guru dan di luar kelas satu guru untuk mengawasi," ujarnya.

Sementara itu untuk sekolah negeri, disampaikan Ismardi jika seluruhnya telah diizinkan belajar tatap muka. Tercatat sebanyak 177 SD negeri dan 45 SMP negeri yang lebih awal memulai belajar tatap muka.

"Jadi untuk sekolah negeri, seratus persen sudah menerapkan belajar tatap muka terbatas," tutupnya. (abd)