DPMPTSP Pekanbaru Bantu Promosikan Usaha Melalui Probis dan Geliat UMKM

Kamis, 16 September 2021 - 14:54:38 WIB

Proses pengambilan video program Probis dan Geliat UMKM oleh tim dari DPMPTSP Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), terus berupaya guna meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Saat ini di tengah pandemi Covid-19, DPM-PTSP menjalankan dua program promosi usaha lewat konten video di antaranya program Promosi Bisnis atau lebih popular dengan sebutan Probis, serta Geliat UMKM.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil M.Ag M.Si melalui Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal Dessy Triana SE M.Si menyebutkan, Probis adalah kegiatan yang bertujuan mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Bertuah dengan berlandaskan kepada SK Walikota Pekanbaru.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal Dessy Triana SE M.Si.

Dikatakannya, Probis merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPM-PTSP dalam upaya membantu para pelaku usaha agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif media sosial yang berada di bawah Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal.

"Liputan video ini dilakukan secara gratis dan merupakan salah satu kegiatan unggulan dari DPM-PTSP Kota Pekanbaru. Video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media sosial DPM-PTSP Kota Pekanbaru," ucapnya.

Dalam satu bulan, terang Dessy, terdapat 2 usaha besar yang dipromosikan. Jenisnya pun beragam, mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan. Hingga Agustus lalu, akun media sosial DPM-PTSP telah menayangkan sebanyak 8 usaha besar melalui program Probis.

"Kegiatan Promosi Bisnis merupakan upaya DPM-PTSP Pekanbaru melayani dan membantu usaha besar agar dapat bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Salah satu tempat usaha yang dipromosikan melalui program Probis DPM-PTSP.

Sementara program Geliat UMKM, lanjut Dessy, merupakan wadah promosi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sejak dicetuskan pada Juni 2020 lalu, hingga kini Geliat UMKM semakin ramai diminati pelaku UMKM dan telah memasuki episode ke 25. Program ini memfasilitasi kepada pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk dan pemasaran, dengan durasi video maksimal 7 menit.

Sama halnya dengan Probis, dalam satu bulan juga terdapat 2 pelaku usaha yang di promosikan oleh Geliat UMKM dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang, mulai dari kuliner, fesyen, kriya sampai aplikasi.

Adapun kriteria pelaku UMKM yang diliput telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PP UMKM) dan izin yang dikeluarkan oleh DPM-PTSP.

"Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui DPM-PTSP di Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal memberikan reward kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui program Geliat UMKM. Istilahnya jemput bola, karena pada prinsipnya pemerintah merupakan pelayanan bagi masyarakat," tegasnya.

Proses pengambilan video program Probis dan Geliat UMKM DPM-PTSP Pekanbaru.

Adapun teknis pelaksanaannya, koordinator Probis dan Geliat UMKM memilih dan menentukan usaha besar dan UMKM yang akan diliput berdasarkan data perizinan di DPM-PTSP.

Tahapan pertama, tim melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik usaha melalui via telepon. Kemudian, dilanjutkan dengan survey dan observasi untuk menentukan jadwal syuting dan konsep yang akan diusung. Tahapan ketiga, tim melakukan liputan video dan wawancara.

"Dalam proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha, meliputi keunggulan produk, fasilitas yang disediakan, pemasaran, kelebihan dari competitor dan alamat usaha," paparnya.

Selanjutnya tahapan keempat, lanjut Dessy, tim melakukan proses pengeditan. Setelah diedit, video ditayangkan di media sosial resmi milik DPM-PTSP Kota Pekanbaru. Selain di media sosial, video Probis dan Geliat UMKM juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Jadi pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung video promosi dari DPM-PTSP. Jadi kegiatan Promosi Bisnis dan Geliat UMKM ini merupakan upaya DPM-PTSP Pekanbaru melayani dan membantu pelaku usaha agar dapat bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19," tuturnya.

Salah satu usaha yang dipromosikan melalui program Probis dan Geliat UMKM.

Sejauh ini, sambung Dessy, kegiatan Probis dan Geliat UMKM mendapat tanggapan positif dari pelaku usaha. Terbukti, tidak sedikit yang meminta langsung DPM-PTSP melakukan liputan, terlihat dari respon yang muncul pada komentar baik Instagram maupun Facebook DPM-PTSP Pekanbaru.

"Kita berharap dengan adanya program ini iklim investasi di pekanbaru bisa membaik, usaha dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi, terjalinnya kemitraan dengan UMKM Lokal agar perekonomian di Kota Pekanbaru bisa pulih kembali," harap Dessy.

Bagi pelaku usaha yang mau dipromosikan terutama usaha besar yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPM-PTSP, kemudian dm/ kontak melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi. (adv/abd)