102 Ribu Rumah di Pekanbaru dan Kampar Segera Dialiri SPAM

Senin, 20 September 2021 - 21:01:30 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus bersama Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, saat menghadiri pemancangan tiang proyek SPAM di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 102 ribu rumah tangga di 6 kecamatan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, segera dialiri air bersih melalui proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional lintas Pekanbaru-Kampar.

Keenam kecamatan tersebut di antaranya 4 kecamatan di Pekanbaru yakni Tuah Madani, Binawidya, Marpoyan Damai dan Bukit Raya. Sedangkan 2 kecamatan di Kampar yakni Siak Hulu dan Tambang.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, SPAM regional lintas Pekanbaru-Kampar dengan kapasitas 1.000 liter per detik itu merupakan salah satu agenda pembangunan kawasan Metropolitan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan). 

"Artinya, proyek ini didukung Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, dan Pemkab Kampar," ucapnya, usai menghadiri pemancangan tiang proyek SPAM di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021).

Disampaikan Firdaus, peresmian pemancangan tiang pertama SPAM regional Pekanbaru-Kampar tersebut merupakan kegiatan lanjutan gagasan Pemprov Riau tahun 2007-2008 silam. Waktu itu, Firdaus masih menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Riau.

"Waktu itu, kami sudah melakukan pembangunan SPAM ini. Kami sudah membuat intake (bangunan pengolahan air) di lokasi ini dengan volume 2.000 liter per detik," paparnya.

Hari ini, lanjut Firdaus, SPAM itu dioperasikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PUPR Riau. Dinas PUPR Riau juga sudah membangun instalasi pengolahan air 40 liter per detik untuk kebutuhan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2012.

"Inilah wujud kerjasama infrastruktur untuk kawasan Metropolitan Pekansikawan," tutupnya. (abd)