Pekanbaru Lanjutkan PPKM Level 2 Hingga 18 Oktober

Selasa, 05 Oktober 2021 - 13:46:23 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus dan Ketua DPRD Hamdani, saat memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM level 2 di ruang Multimedia lantai 3 Mal Pelayanan Publik, Selasa (5/10/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 guna menekan sebaran wabah Covid-19, kembali diperpanjang penerapannya oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terhitung tanggal 5 hingga 18 Oktober 2021.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, PPKM level 2 harus dijalani lagi hingga 14 hari ke depan lantaran berbagai indikator yang ditetapkan Satgas Covid nasional untuk masuk ke PPKM level 1 belum terpenuhi.

"Kita belum memenuhi indikator untuk turun ke level satu. Maka kita perpanjang PPKM level 2 hingga 14 hari ke depan," ucapnya, usai memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM level 2 di ruang Multimedia lantai 3 Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (5/10/2021).

Disampaikannya, ada sejumlah poin yang belum terpenuhi untuk bisa menerapkan PPKM level 1. Di antaranya capaian vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum yang belum mencapai target.

Kemudian untuk tracing atau pelacakan kontak terhadap kasus positif mesti ditingkatkan lagi. Sesuai standar, tracing harus bisa mencapai angka 1 banding 14 agar dapat masuk ke PPKM level 1.

"Sementara Kota Pekanbaru baru dapat melakukan tracing 1 kasus banding 4 koma sekian," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang juga selaku ketua Tim Tracing dan Testing Satgas Covid-19 menyatakan jika rasio tracing terus meningkat dengan angka 1 banding 10.

"Pada PPKM level 4 dan 3, hasil tracing ini baru di angka 1 banding 4. Sekarang di beberapa kecamatan, itu sudah ada 1 banding 10. Dari 1 kasus positif, kita sudah berhasil melacak 10 orang kontak erat," ucapnya. (rki)