PPKM Level 2 Berakhir, Pekanbaru Tunggu Evaluasi Satgas Nasional

Senin, 18 Oktober 2021 - 15:04:14 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 tahap kedua guna mencegah sebaran wabah Covid-19 di Kota Pekanbaru, sesuai jadwal akan berakhir hari ini, Senin (18/10/2021).

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, untuk perpanjangan PPKM sendiri masih menunggu hasil evaluasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 nasional.

"Karena keputusan apakah turun level atau sebaliknya, Pemerintah Pusat yang menentukan dari evaluasi satgas nasional," ucapnya, Senin (18/10/2021).

Namun jika hasil evaluasi belum diumumkan hingga Selasa (19/10/2021), Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengambil kebijakan sendiri dengan melanjutkan penerapan PPKM level 2.

"Jadi andaikata kita belum mendapatkan informasi dari pusat sampai besok pagi, maka kita akan mengeluarkan kebijakan sementara dengan berada di (PPKM) level II," ujarnya.

Sementara itu dari hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah kota, lanjut Firdaus, saat ini telah terjadi penurunan kasus positif covid di Kota Pekanbaru dengan kasus terkonfirmasi rata-rata 10 orang dalam sehari.

"Kalau kasus, alhamdulillah kita turun. Tapi kan ada indikator lainnya yang mesti kita penuhi untuk turun ke level I. Tapi kalau mempedomani itu (kasus covid) kita sudah masuk di level I. Tapi penilaian itu pusat yang menentukan," ungkapnya.

Meski sebaran wabah terus berkurang, ia tetap menghimbau warga agar disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes). "Warga tidak boleh abai dan tetap harus waspada," pesannya. (abd)