Badan Jalan Lobak di Binawidya Amblas Sekitar 50 Meter

Senin, 25 Oktober 2021 - 21:00:39 WIB

Badan Jalan Lobak di Kecamatan Binawidya yang amblas pada Senin (25/10/2021).

Betuah Pekanbaru - Badan Jalan Lobak yang menjadi pembatas antara Kelurahan Tobek Godang dan Delima, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, amblas sekitar 50 meter usai diguyur hujan lebat pada Senin (25/10/2021) dinihari.

Posisi jalan yang amblas tepat berada di depan ruko berjejer. Jaraknya dari jalan amblas hanya kisaran beberapa meter.

Salah seorang pemilik ruko, Eri mengaku dirinya mengetahui jalan amblas sekitar pukul 06.00 WIB. Ia mengaku kaget ketika melihat badan jalan amblas.

Disampaikannya, badan jalan yang amblas itu sebelumnya dalam kondisi rusak dan sudah berlangsung lama. Kerusakan sendiri dipicu akibat pengikisan tanah lantaran drainase di kiri-kanan tak berfungsi.

"Air kencang dari atas mengikis jalan. Kita lihat sepintas, kosong saja di atas jalan tidak tampak pengikisannya. Setelah ambruk, baru nampak," ucapnya.

Dirinya menyebut bahwa kondisi jalan rawan setelah berlubang. Ada bagian sekitar jalan yang amblas saat ini memang sudah lama rusak sehingga makin parah. "Kondisinya sudah lama, waktu diperbaiki kemarin longsor lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, ruas jalan tersebut amblas pada titik drainase. Ruas jalan amblas ke dalam drainase akibat tanah badan jalan yang digerus air.

"Dinding drainase yang rapuh digerus air, sehingga amlas sekitar 50 meter," ungkapnya.

Dikatakannya, terdapat perbaikan cepat ada beberapa langkah yang akan dilakukan pihaknya seperti memasang polis line dan traficone untuk keamanan pengendara dan memasukkan alat berat untuk menggali material yang amblas.

"Kita masih punya stok precast 1×1 meter dan akan kita pasang besok pagi. Selama pengerjaan, lalu lintasnya buka tutup, kita sudah kordinasi dengan Satlantas Polresta dan Dishub. Insyaallah akan selesai paling lama satu minggu," tutupnya. (rki)