Pekanbaru Masih Lakukan Penanganan Jangka Pendek Atasi Banjir

Selasa, 02 November 2021 - 21:20:00 WIB

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, saat ini masih melakukan penangana jangka pendek dalam mengatasi banjir sesaat ketika musim penghujan.

Menurut Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, penanganan jangka pendek seperti pengerukan anak sungai dan saluran pembuangan air atau drainase tersebut cukup efektif meminimalisir banjir.

"Jangka pendek kita normalisasi parit-parit yang tersumbat. Mana yang dangkal kita gali. Sungai Sail kan sudah mulai digali. Kalau pun ada banjir, sekarang lebih cepat surut," ucapnya, Selasa (2/11/2021).

Sementara untuk penanganan banjir jangka menengah dan panjang, kata Jamil, saat ini pemerintah kota telah memiliki masterplan.

"Curah hujan tinggi pasti ada dampak bagi Pekanbaru. Tapi sudah ada masterplan. Ini kan baru masterplan, ke depan kita menyusun anggaran. Kita menindaklanjuti di mana titik-titik yang rawan, sehingga kita bisa mengerjakan nanti," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, saat ini normalisasi anak sungai sudah dilakukan sepanjang 150 kilometer. Antara lain anak Sungai Sibam, Sungai Air Hitam serta juga Sungai Sail.

Bahkan di sejumlah titik, terang dia, sudah lebih dari tiga bulan alat berat diturunkan untuk mengatasi pendangkalan sungai.

"Selain itu, normalisasi drainase juga kita lakukan secara maraton," ungkapnya.

Ia berharap dengan normalisasi anak sungai dan drainase yang dilakukan bisa mengurangi permasalahan banjir yang dikeluhkan masyarakat. (abd)