Capai 310 Kasus, Dua Penderita DBD di Pekanbaru Meninggal Dunia

Selasa, 23 November 2021 - 14:40:33 WIB

Ilustrasi nyamuk penyebab demam berdarah/net.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat, terhitung awal Januari hingga pekan pertama November 2021 sudah terdapat sebanyak 310 penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ibukota Provinsi Riau.

Dari 310 kasus yang tercatat tersebut, dua penderita di antaranya meninggal dunia.

"Sementara sisanya (308 penderita lagi) sudah dinyatakan sembuh," kata Plt Kepala Diskes Pekanbaru Arnaldo Eka Putra melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Hamdan, Selasa (23/11/2021).

Disampaikannya, untuk penanganan DBD tahap awal pihaknya menunggu laporan dari rumah sakit terkait adanya pasien DBD. Setelah itu, Diskes akan melakukan penyelidikan epidemiologi.

"Jika ditemukan jentik nyamuk dan panas (demam) lebih dari 3 orang dalam radius 200 meter, maka kita akan melakukan fogging (di lokasi)," jelasnya.

Ia juga mengimbau agar warga dapat melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitarnya. Apalagi musim tidak menentu, kadang kering, kadang musim hujan. 

"Ketika kering, telur nyamuk tidak menetas. Ketika dapat air  langsung jadi jentik dia, langsung jadi nyamuk. Proses hanya seminggu menetas lagi. Karena itu, warga kita harap gotong-royong, karena foging hanya bisa membunuh nyamuk dewasa," tutup Hamdan. (rki)