Pekanbaru Fokus Kejar Dua Indikator untuk Kembali ke PPKM Level 1

Selasa, 07 Desember 2021 - 21:39:05 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, fokus mengejar dua indikator di antaranya penurunan kasus aktif Covid-19 dan vaksinasi warga lanjut usia (lansia) agar bisa kembali turun ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

"Keduanya fokus kita pada PPKM level 2 ini, agar bisa mencapai target menuju PPKM level 1," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, usai memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM, bertempat di ruang rapat Multimedia lantai 3 MPP Pekanbaru, Selasa (7/12/2021).

Disampaikannya, capaian vaksinasi bagi lansia yang masih rendah di bawah angka 60 persen dari target menyebabkan Kota Pekanbaru kembali naik status dari PPKM level 1 ke PPKM level 2.

"Saat ini, vaksinasi warga lanjut usia masih di angka 51 persen," ungkapnya.

Untuk itu selama PPKM level 2 hingga 23 Desember mendatang, sebut Firdaus, tim kesehatan mesti berupaya menggesa vaksinasi terhadap lansia mengingat stok vaksin masih tersedia di Instalasi Farmasi Kesehatan Pekanbaru.

"Tim vaksinasi dinas dan puskemas bisa bekerjasama dengan pihak terkait dalam percepatan vaksinasi lansia di wilayahnya," pinta dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menambahkan, saat ini pihaknya masih memiliki stok vaksin sebanyak 599 vial atau 3.966 dosis.

"Stok yang tersedia ini terdiri dari beberapa jenis vaksin seperti Astrazeneca, Sinovac, Moderna dan Pfizer," urainya.

Untuk vaksin Astrazeneca, terang Zaini, stoknya berjumlah 65 vial atau 650 dosis.

Kemudian untuk vaksin Sinovac ada 10 vial atau 100 dosis dan vaksin jenis Moderna sebanyak 9 vial atau 126 dosis, serta vaksin jenis Pfizer sebanyak 515 vial atau 3.090 dosis.

"Jadi secera keseluruhan, stok vaksin kita masih ada sebanyak 599 vial atau 3.966 dosis," tutupnya. (abd)