Asisten I Pekanbaru Ajak Semua Pihak Antisipasi Covid Omicron

Kamis, 23 Desember 2021 - 14:55:07 WIB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syoffaizal, memasangkan pita kepada perwakilan personel dari satuan instansi yang terlibat dalam Operasi Lilin Lancang Kuning 2021.

Betuah Pekanbaru - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Syoffaizal, mengajak semua pihak untuk mengantisipasi dan mewaspadai covid varian baru jenis Omicron.

Saat ini, kata dia, covid varian Omicron sudah mulai mewabah di sejumlah negara. Sementara di Indonesia sendiri telah ditemukan satu kasus di Jakarta.

"Untuk itu, Ini perlu diantisipasi secara bersama-sama mengingat covid varian Omicron memiliki kecepatan penyebaran lima kali lebih cepat dari varian Delta," ucapnya memberikan arahan saat menjadi inspektur upacara (irup) apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2021, bertempat di halaman Mapolresta Pekanbaru, Kamis (23/12/2021) pagi.

Apel dengan tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022" ini turut dihadiri Wakapolresta AKBP Henky Poerwanto.

Kemudian hadir juga Kasatpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang, perwakilan dari Dandim 0301 Pekanbaru, Dinas Perhubungan, instansi terkait yang terlibat dalam Operasi Lilin Lancang Kuning dari gabungan Personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan, BNPB, Damkar, Satpol PP, serta Jasa Raharja Pekanbaru.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 ditandai dengan pemasangan pita kepada lima perwakilan dari satuan instansi masing-masing sebagai lambang tanda Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 oleh Asisten I Syoffaizal.

Disampaikannya, Natal dan tahun baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama keluarga dalam merayakan pergantian tahun. 

"Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) serta penyebaran wabah Covid-19," ucapnya.

"Untuk itu, pelaksanaan Nataru tahun ini perlu lebih berhati-hati khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 jenis Omicron yang telah mulai mewabah di sejumlah negara," ulasnya.

Kemudian kepada personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Lancang Kuning 2021, Syoffaizal berpesan agar menyiapkan mental dan fisik guna mengantisipasi potensi kerawanan dan aksi yang meresahkan masyarakat.

"Dalam menjalankan tugas, personel gabungan kita harapkan tetap profesional dan humanis serta mengedepankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan)," tutupnya. (rki)