PUPR Pekanbaru Masih Fokus Tangani 371 Titik Banjir

Senin, 10 Januari 2022 - 20:17:50 WIB

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, di 2022 ini masih fokus menangani sebanyak 371 titik banjir yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Kepala Dinas PUPR Indra Pomi Nasution menyebut, untuk penanganan ratusan titik banjir itu pihaknya sudah mengacu pada masterplan penanganan banjir yang telah dibentuk sebelumnya.

"Kita fokus pada drainase yang ada dalam masterplan. Sudah ada titik masalah dan cara penanganannya," ujar dia, Senin (10/1/2022).

Dikatakan Indra, tahun ini pihaknya telah memasukan sejumlah program melalui anggaran 2022 di antaranya perencanaan sejumlah pembangunan seperti bendungan kecil hingga drainase panjang.

"Kita sudah usulkan tahun ini, untuk pengerjaan di Jalan Jenderal Sudirman. Gorong-gorong bisa diperbaiki tahun ini," jelasnya.

Indra menjelaskan, program penanganan banjir terus berjalan bahkan saat pergeseran anggaran tahun 2021 lalu. Ia mengklaim, 20 hingga 25 persen masalah banjir sudah berhasil diatasi.

Beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh PUPR Pekanbaru sebelumnya, seperti normalisasi sungai di Sungai Sail, Sungai Batak dan Sungai Sibam. Mereka berkordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera III untuk normalisasi sungai dalam menangani banjir.

"Sekarang masih berlanjut di Sungai Sail, mulai dari Parit Indah ujung hingga Jalan Imam Munandar," paparnya.

"Kita juga sedang menyusun nota kesepahaman terkait kewenangan dalam penanganan banjir. Nota kesepahaman ini melibatkan Kementerian PUPR, pemerintah provinsi dan pemerintah kota," tutup Indra menambahkan. (rki)