Diskes Pekanbaru Minta Orangtua tak Panik Jika Anak Alami KIPI Vaksin

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:45:31 WIB

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, meminta agar orangtua tak panik jika anaknya usia 6 hingga 11 tahun mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah disuntik vaksin.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, KIPI merupakan gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi dan sejauh ini belum ada yang berakibat fatal bagi anak.

"Kementerian Kesehatan sudah menjelaskan bahwa KIPI itu tidak ada yang mematikan. Walaupun ada sekitar 300 kasus yang masuk kategori sedang hingga berat, tetapi tidak ada kematian karena vaksinasi," tegasnya, Kamis (13/1/2022).

Dikatakannya, KIPI merupakan sebuah reaksi yang muncul setelah melakukan vaksin. Gejala yang muncul pun berbeda dikarenakan setiap orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda.

"Setiap vaksinasi atau imunisasi bisa menyebabkan gejala KIPI pada sejumlah orang. Sehingga hal itu tidak perlu dikhawatirkan," ucapnya.

Menurut Zaini, warga harus lebih mempertimbangkan keuntungan dari vaksinasi. Dikarenakan, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya menurunkan kasus penyebaran Covid-19.

"Kasus Covid-19 ini bisa turun salah satunya dikarenakan vaksinasi, dan kita bisa lebih bebas berkegiatan. Jadi kita juga harus lebih mempertimbangkan keuntungannya," tutup dia. (rki)