Puluhan Siswa di Salah Satu SMA di Pekanbaru Terpapar Covid

Selasa, 15 Februari 2022 - 18:36:24 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Sekdako Muhammad Jamil dan Kepala Diskes Zaini Rizaldy, memberikan keterangan pers usai memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM, Selasa (15/2/2022).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 21 siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, dilaporkan positif terpapar Covid-19.

Menyikapi hal itu, Walikota Pekanbaru Firdaus memerintahkan kepada Dinas Pendidikan setempat untuk menutup sementara sekolah bersangkutan.

"Sesuai SKB (Surat Keputusan Bersama) 4 menteri, lembaga pendidikan tersebut harus ditutup selama tiga hari dan dapat dibuka kembali setelah kita dapat mempetakan dengan tindakan tiga T yakni testing, tracing dan treatmen," ucapnya, usai memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM, Selasa (15/2/2022).

Kemudian bagi peserta didik dan guru yang dinyatakan positif covid, sebut walikota, mereka diobati oleh pemerintah. Bagi gejala ringan dapat menjalani isolasi di rumah tempat tinggal. 

"Bagi gejala berat, artinya membutuhkan perhatian dan penanganan khusus, baru kita rawat di rumah sakit," ujarnya.

Untuk antisipasi sebaran wabah di satuan pendidikan, walikota mengingatkan kepada seluruh sekolah lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) mengingat saat ini Kota Pekanbaru tengah menghadapi wabah covid varian Omicron.

"Memang secara umum, varian Omicron ini tingkat penularannya lebih cepat. Namun daya rusaknya, itu lebih rendah dari varian Delta. Tapi bukan berati dengan demikian kita abai prokes," tutupnya.

Di tempat yang sama, Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil menyebutkan, terdapat sebanyak 303 peserta didik di SMA tersebut yang dirapid antigen.

"Dari laporan yang saya terima, di salah satu SMA di Rumbai, dari 303 siswanya yang dirapid antigen, 21 yang terpapar covid," ungkapnya. (rki)