Sulit Mencapai Target 70 Persen, Ini Kendala Vaksinasi Lansia di Pekanbaru

Rabu, 02 Maret 2022 - 15:08:15 WIB

Salah seorang warga lanjut usia di Pekanbaru tengah menjalani vaksinasi.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hingga kini masih kesulitan untuk mencapai target vaksinasi warga lanjut usia (lansia) 70 persen dari total 52.759 orang yang menjadi sasaran vaksinasi.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, ada berbagai kendala yang ditemui di lapangan sehingga pelayanan vaksinasi bagi lansia belum bisa mencapai target.

"Walaupun kita telah melakukan berbagai macam strategi termasuk datang ke rumah-rumah lansia, bahkan juga melalui vaksinasi keliling, juga TNI-Polri dan satgas pemko bahkan menyediakan kendaraan angkutan untuk menjemput ke rumah-rumah, namun tetap ada kendala," ungkapnya, Rabu (2/3/2022).

"Kendala yang dijumpai ada komorbid (penyakit penyerta), ada keberatan dari orangtua sendiri, dan bahkan ada juga yang tidak didukung keluarga," ulas walikota.

Lantaran masih adanya berbagai kendala, lanjut walikota, sampai saat ini vaksinasi lansia di Ibukota Provinsi Riau baru berkisar 65 persen dari target 52.759 orang.

"Kita masih 65 persen, masih ada 5 persen lebih untuk mencapai 70 persen. Untuk itu, vaksinasi lansia ini masih menjadi target kita guna membentuk kekebalan kelompok," tutupnya. (rki)