Empat Proyek SPAM akan Aliri 138 Ribu Rumah Tangga

Senin, 18 April 2022 - 21:51:30 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 138.200 rumah tangga di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, bakal dialiri air bersih melalui 4 proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Keempat proyek SPAM tersebut di antaranya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yakni KPBU SPAM Kota Pekanbaru yang kini dalam proses pelelangan.

"Kemudian KPBU SPAM Regional Pekanbaru-Kampar yang sudah dalam persiapan konstruksi," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (18/4/2022).

Selanjutnya dua proyek SPAM lagi yakni SPAM Rumbai dan Tenayan Raya.  Saat ini, kedua SPAM tersebut masih dalam tahap perencanaan. 

"Jadi, jika keempat proyek SPAM tersebut selesai dibangun, maka pelayanan air minum perpipaan akan meningkat menjadi 57,72 persen (138.200 SR)," ujar Firdaus.

Untuk KPBU SPAM Pekanbaru, pipa air bersih akan dibangun di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai, Binawidya dan Tuah Madani.

Sementara SPAM Pekanbaru-Kampar dengan kapasitas 1.000 liter per detik akan mampu melayani kebutuhan 30 persen air bersih di Kecamatan Tambang, Siak Hulu, dan Tapung.

"Ini adalah kebutuhan sebuah kota yang maju. Mari kita dukung. Saya minta maaf kepada warga karena jalanan menjadi compang-camping. Ditambah lagi dengan kondisi PPKM," tutupnya. (rki)