Campak dan Difteri Meningkat, Diskes Pekanbaru Galakan Imunisasi Anak

Selasa, 24 Mei 2022 - 13:43:30 WIB

Foto ilustrasi imunisasi anak (ist)

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, kini tengah menggalakan imunisasi bagi anak usia 0 tahun sampai 15 tahun melalui Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, BIAN yang akan berlangsung terhitung 18 Mei hingga 18 Juli mendatang diberikan untuk imunisasi campak, rubella, hepatitis, polio dan lainnya.

"Imunisasi diberikan kepada anak usia 0 hingga 15 tahun," ucapnya, Selasa (24/5/2022).

Disampaikan Zaini, imunisasi bagi anak kembali ditingkatkan guna menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19.

"Akibat rendahnya vaksinasi rutin bagi anak-anak ini, maka kasus sakitnya meningkat. Seperti campak dan difteri dan lainnya ini meningkat," ungkap dia.

Seperti diketahui, pencanangan BIAN oleh Kementerian Kesehatan merupakan upaya menutup kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi Covid-19.

BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia. Tahap pertama dilaksanakan mulai Mei 2022 di seluruh provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tahap kedua dilaksanakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali.

Terlaksananya Bulan Imunisasi Anak Nasional meliputi kegiatan imunisasi tambahan Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib) dengan baik dan dapat mencapai target yang diharapkan.

Dengan terselenggaranya BIAN diharapkan kekebalan masyarakat terbentuk, sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi campak-rubela, mempertahankan status Indonesia bebas polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis. (rki)