Muhammad Sabarudi Pimpin DPRD Pekanbaru, Pj Walikota Harapkan Sinergitas

Selasa, 21 Juni 2022 - 15:05:16 WIB

Muhammad Sabarudi saat dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Ketua DPRD Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Sabarudi, resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwalilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggantikan Hamdani, Selasa (21/6/2022).

Proses pelantikan yang dilangsungka di ruang paripurna gedung DPRD setempat, turut dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun.

Usai pelantikan, Muflihun berharap dengan pimpinan baru tersebut bisa semakin meningkatkan sinergitas antara eksekutif dan legislatif.

"Dengan ketua baru, harapannya kita bisa lebih baik dan bisa membawa Pekanbaru menjadi lebih baik ke depannya," harap dia.

Menurut Muflihun, ada tiga utama dari legislatif. Pertama adalah soal legislasi. Dimana dengan sinergitas yang baik, diharapkan bisa sejalan dan cepat.

Kemudian yang kedua soal bujeter atau penganggaran. Diharapkan untuk tahap pembahasan APBD-Perubahan dan APBD Murni 2023 bisa berjalan dengan baik.

"Selanjutnya yang ketiga adalah fungsi kontroling dan pengawasan. Kita harap dengan adanya ketua baru ini kita bisa memberikan pengawasan kepada Pemko Pekanbaru sehingga tupoksi ini bisa berjalan dan membawa Pekanbaru lebih baik ke de pannya," ucap dia.

Disinggung terkait bagaimana peningkatan sinergitas Pemko Pekanbaru dengan Pemprov Riau dengan segala permasalahan yang ada di Pekanbaru, Muflihun mengatakan Pemrov Riau adalah induk dari Pekanbaru. Jadi jika ada permasalahan, tentu akan dilaporkan kepada Pemprov Riau.

"Konsepnya begini, ketika Pekanbaru kekurangan pembiayaan, tentu kita harus ngadu ke induk kita yaitu Pemprov Riau. Dilihat dengan banyaknya permasalahan di Kota Pekanbaru, kita butuh uluran tangan dari Pemprov Riau," ucapnya.

"Tentunya kita akan laporkan ke gubernur, insya Allah gubernur akan bantu kita," tutupnya menambahkan. (rki)