Ziarah ke Makam Marhum Pekan, Pj Walikota Ajak Doakan Pendiri Pekanbaru

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:57:03 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan rombongan berdoa di makam Marhum Pekan.

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menggelar ziarah ke Makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah atau Marhum Pekan di komplek Masjid Raya Senapelan, Rabu (22/6/2022).

Ziarah ke makam pendiri Pekanbaru bersempena hari jadi Pekanbaru ke-238 yang juga diikuti pejabat di lingkup pemerintah kota ini diawali dengan jalan kaki dari rumah dinas walikota di Jalan A Yani menuju Masjid Raya Senapelan sekitar pukul 15.00 WIB.

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil menaburkan bunga di makam Marhum Pekan.

Sesampai di Masjid Raya, Pj walikota dan rombongan menunaikan Shalat Ashar terlebih dahulu, dan kemudian dilanjutkan dengan ziarah. Di lokasi itu, Pj walikota mendengarkan senarai terkait para raja yang dimakamkan di dalam Komplek Makam Marhum Pekan.

Yang mana dalam komplek itu terdapat makam Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah yang merupakan Sultan ke-5 Kerajaan Siak Sri Inderapura.

Kemudian ada juga makam Syaid Syarif Usman Shabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Embong Badari'ah (istri Syaid Usman), makam Sultanna Khodijah (istri Marhum Bukit), makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit), dan makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga.

Dalam prosesi ziarah, Pj walikota mendoakan arwah para pendiri Ibukota Provinsi Riau dan raja Kerajaan Siak Sri Indrapura. Selanjutnya, Pj walikota menaburkan bunga ke makam para raja.

Disampaikan Pj walikota, ziarah keakam Marhum Pekan merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-238 Pekanbaru. Dari senarai ringkasan, 23 Juli ditetapkan sebagai hari lahirnya Pekanbaru. 

"Jadi, ziarah ini untuk mendoakan para pendiri Pekanbaru. Mari kita sama-sama berdoa agar arwah pendiri Pekanbaru bisa diterima di sisi Allah SWT," ucapnya.

Ziarah ini juga guna melihat kembali sejarah Pekanbaru. Makanya, para pejabat pemko harus bersungguh-sungguh membesarkan Kota Pekanbaru. "Ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun," tutupnya. (rki)