Genangan Air Rusak Jalan Harmonis, Pemko Minta PT PHR Bangun Sumur Resapan

Selasa, 28 Juni 2022 - 13:44:46 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan rombongan saat meninjau proses perbaikan badan Jalan Harmonis, Selasa (28/6/2022).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meminta PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk membangun sumur resapan atau waduk di kawasan tanah milik perusahaan tersebut.

Pasalnya, buangan air yang bersumber dari aktivitas PT PHR disebut kerap menggenangi badan Jalan Harmonis di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai, sehingga kondisi jalan menjadi rusak.

"Memang ada buangan air dari PHR. Kemarin saya juga sudah ketemu anggota DPRD, kita akan audiensi dangan PHR tersebut, supaya bisa kita buat sumur resapan atau waduk," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, saat meninjau proses perbaikan badan Jalan Harmonis, Selasa (28/6/2022).

Disampaikannya, air yang menggenangi badan Jalan Harmonis juga dipicu akibat tak berfungsinya saluran pembuangan air di kawasan itu.

"Kondisi paritnya saya lihat juga sudah jorok, banyak rumput. Anak sungainya juga sudah mengecil. Untuk itu perlu dilakukan normalisasi parit dan anak sungai," ucapnya.

Di kesempatan itu, Muflihun tak lupa menghimbau warga agar memprogramkan gotong royong minimal satu kali dalam sepekan guna membersihkan saluran pembuangan air di lingkungan masing-masing.

"Yang penting rutin agar parit bersih. Karena kalau banjir menggenangi badan jalan, maka aspalnya akan hancur," tutupnya.

Turut mendampingi Muflihun dalam peninjauan itu, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan Camat Rumbai Vemi Herliza. (rki)