Klaim Berjalan Lancar, Disdik Sebut Belum Ada Keluhan di PPDB SMP

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:07:13 WIB

Foto laman pendaftaran PPDB SMP negeri

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, mengklaim pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) negeri masih berjalan lancar.

Bahkan, Disdik menyebut sejauh ini belum ada orangtua calon peserta didik yang mengeluhkan pendaftaran secara online tersebut.

"Sampai saat ini belum ada laporan seperti itu (keluhan susah mendaftar), lancar-lancar saja," ujar Sekretaris Disdik Pekanbaru Muzailis, Jumat (1/7/2022).

"Mungkin ada satu dua orang yang tidak paham (cara mendaftar), dan mereka tidak mau pula bertanya ke sekolah maupun ke dinas," ulasnya.

Padahal, kata Muzailis, pihak dinas dan sekolah telah membuka tempat pengaduan bagi orangtua calon peserta didik yang kesulitan melakukan pendaftaran.

"Nanti pihak sekolah akan membantu masyarakat kalau menang kesulitan mendaftarkan anaknya," ucap dia.

Terkait waktu pendaftaran yang tergolong singkat hanya 4 jam dalam satu hari, dikatakan Muzalis lantaran petugas membutuhkan waktu untuk verifikasi berkas pada siang hingga sore hari.

"Karena pendaftaran kita buka cukup lama sampai 5 Juli, waktu 4 jam dalam sehari ini kita nilai sudah wajar. Karena selesai pendaftaran, petugas butuh waktu lagi untuk melakukan verifikasi berkas-berkas yang masuk," ujarnya.

"Jadi Kalau waktu diperpanjang, kapan lagi petugas melakukan verifikasi berkas," tutupnya menambahkan.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru terhitung Rabu (29/6/2022) mulai membuka pendaftaran PPDB sitem online untuk tingkat SMP negeri.

Sesuai jadwal, PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini akan dilangsungkan hingga 5 Juli mendatang. Wali murid bisa mendaftarkan anaknya melalui laman ppdbpekanbaru.id dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB setiap harinya. (rki)