Bupati Pasaman Barat Ingin Bangun Pusat Pelayanan Mirip MPP Pekanbaru

Kamis, 21 Juli 2022 - 21:27:21 WIB

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Sekdako Muhammad Jamil, memberikan keterangan pers usai meninjau MPP.

Betuah Pekanbaru - Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, berkeinginan membangun pusat pelayanan mirip Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru.

"Setelah melihat pelayanan di MPP Pekanbaru, kami sangat bahagia dan bangga sekali. Kami akan membuat model yang serupa di Kabupaten Pasaman Barat," ucapnya, usai berkunjung dan melihat langsung gerai pelayanan yang ada di MPP Pekanbaru, Kamis (21/7/2022) siang.

Selain meninjau, Hamsuardi dan rombongan juga turut berdiskusi dengan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhamad Jamil, seputar pelayanan di MPP.

Dari penjelasan Sekdako Muhammad Jamil, kata Hamsuardi, sangat banyak perkembangan sejak MPP tersebut dioperasikan seperti investasi dan pelayanan masyarakat. Ia harapkan prestasi itu dapat tetap dipertahankan.

"Rekan-rekan bupati dan walikota juga sudah banyak berkunjung ke MPP Pekanbaru," ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan jika MPP Pekanbaru sama saja dengan MPP di daerah lain. Kelebihannya, Kota Pekanbaru berada di jantung pulau Sumatera.

Selain itu, letak MPP Pekanbaru juga strategis tepat berada di tengah-tengah kota sehingga memudahkan warga dan para pengurus izin untuk mengakses pelayanan.

"Itu kelebihan kami. Kami berharap pemkab dan pemko lainnya bisa melayani masyarakat seperti yang kami buat. Kami juga akan mendukung Pemkab Pasaman Barat membangun MPP," ucap Jamil.

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah membangun tiga bangunan MPP yang mana dua di antaranya dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan satu lagi Dinas Dukcapil.

Sejauh ini, Kota Pekanbaru memang telah menjadi pusat rujukan bagikan kabupaten/kota di Tanah Air yang ingin membangun MPP.

245 Pelayanan

Sebelumnya, Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru Akmal Khairi menyebutkan terdapat sebanyak 245 pelayanan perizinan dan non perizinan yang diberikan di MPP. Ratusan pelayanan itu diberikan oleh 41 instansi, lembaga dan perbankan.

Adapun puluhan instansi, lembaga dan perbankan yang memberikan pelayanan di MPP Pekanbaru tersebut di antaranya DPM-PTSP Pekanbaru, Ikatan Notaris Indonesia, Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Kanwil DJP Riau.

BPJS Ketenaga Kerjaan, Bapenda Pekanbaru, Bea Cukai, PLN, BKPSDM Pekanbaru, Ikatan Arsitek Indonesia Riau, BPJS Kesehatan dan Pengadilan Agama Pekanbaru.

Kemudian Samsat, Bapenda Riau, Kejaksaan Tinggi Riau, Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Taspen, Kemenag Pekanbaru, BNN Pekanbaru dan Apernas Jaya Riau.

Selanjutnya ada BNI, BRI, BRK, BPN Pekanbaru, LPSE Pekanbaru, Badan POM dan Ikatan Apoteker Indonesia cabang Pekanbaru.

Seterusnya Dinas Kesehatan Pekanbaru, Disdukcapil Pekanbaru, Satpol PP, Polresta Pekanbaru untuk pelayanan pengurusan penpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Lalu ada pelayanan dari Binmas Polda Riau, Imigrasi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, Dinas Perindag Pekanbaru, serta PN Pekanbaru. (rki)