Kesbangpol Pekanbaru Beri Pemahaman Politik ke Calon Pemilih Pemula

Rabu, 27 Juli 2022 - 14:01:50 WIB

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Jelang pemilihan umum (pemilu) 2024, kini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mulai memberikan pemahaman pendidikan politik bagi calon pemilih pemula.

Pada Rabu (27/7/2022), Kesbangpol kembali menggelar sosialisasi pendidikan politik yang dipusatkan di Hotel Royal Asnof. Terdapat sebanyak 100 peserta yang merupakan siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kota Pekanbaru yang ikut kegiatan tersebut.

"Ini merupakan lanjutan dari beberapa tahapan sosialisasi yang akan kita gelar untuk menyukseskan pemilu 2024," kata Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian.

"Ada lima kali kegiatan yang akan kita gelar dan di beberapa kesempatan langsung bapak Pj walikota sebagai narasumber dan membuka kegiatan. Narasumber juga ada kita hadirkan ketua DPRD, ketua KPU, Bawaslu dan akademisi," ulasnya.

Disampaikan Bang Zoel, sapaan akrabnya, sosialisasi pendidikan dan etika politik bagi calon pemilih pemula yang notabennya siswa SMA sederajat, mereka bisa mendapatkan pemahaman pentingnya pemilu bagi kelanjutan negara Indonesia.

"Sehingga mereka juga bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk ikut mesosialisasikan tahapan pemilu 2024," ucapnya.

Dengan demikian, Zoel berharap tingkat partisipasi pemilih di 2024 baik itu pemilihan presiden (pilpres), legislatif dan pemilihan kepala daerah (pilkada) bisa meningkat.

"Akhirnya, pemilu 2024 bisa berkualitas. Yang mana, salah satu indikator pemilu berkualutas ini tingkat pemilih meningkat," tutup pria yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Satpol PP ini. (rki)