Dispora Pekanbaru Butuh Rp100 Miliar untuk Pengembangan Sport Center

Jumat, 05 Agustus 2022 - 14:10:18 WIB

Plt Kepala Dispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, membutuhkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk pengembangan Sport Center di Jalan Palembang, Kecamatan Kulim.

Anggaran yang cukup besar itu diperlukan mengingat Sport Center tersebut akan dikembangkan dengan konsep Three in One yang mana tidak hanya dikhususkan sebagai lokasi olahraga saja, tapi juga ada kawasan rekreasi dan tempat pembinaan pemuda.

"Jadi kalau untuk kebutuhan anggarannya lebih kurang Rp80 sampai Rp100 miliar," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Jumat (5/8/2022).

Saat ini, kata dia, pengembangan kawasan Sport Center dengan luas lahan 18 hektare itu sudah mencapai 40 persen. Ada beberapa venue olahraha yang telah selesai dibangun seperti lapangan takraw dan bulu tangkis.

"Di sana juga sudah ada bumi perkemahan. Nanti juga ada lapangan tembak dan lapangan sepak bola. Tahun ini kita gesa pembangunan lapangan sepak bola. Kemarin sudah kita tanami rumputnya, dan mudah-mudahan tahun ini selesai dan bisa digunakan," harapnya.

Disampaikan Zoel, sapaan akrabnya, kawasan Sport Center merupakan salah satu prioritas dalam pembentukan prestasi dan kualitas generasi muda. Apalagi, Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau, hingga kini belum memiliki kawasan untuk mendukung generasi muda melakukan aktivitas dan kreativitas.

"Untuk itu kalau tidak diberikan porsi untuk pembangunannya, takutnya nanti generasi muda kita tidak berkualitas, tidak punya karakter," tegas dia.

Namun demikian, diakui Zoel jika pengembangan Sport Center terkendala penganggaran lantaran biaya yang dibutuhkan masih dibebankan melalui APBD pemerintah kota. "Ya, sampai sekarang masih ditanggung APBD," tutupnya. (rki)