Musim Pancaroba, Warga Pekanbaru Dihimbau Waspadai DBD Hingga ISPA

Jumat, 02 September 2022 - 21:43:31 WIB

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Warga di Ibukota Provinsi Riau, dihimbau untuk mewaspadai sejumlah penyakit yang berpotensi mewabah selama musim pancaroba atau peralihan musim yang kini tengah terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy saragih mengatakan, biasanya musim pancaroba akan menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), asma, batuk dan pilek.

"Kemudian demam berdarah jika (kebersihan) lingkungan tidak dijaga," ungkapnya, Jumat (2/9/2022).

Disampaikan Zaini, musim pancaroba sangat mempengaruhi tingkat kesehatan warga. Untuk itu, warga dinilai perlu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

"Untuk (antisipasi) demam berdarah, itu pastikan tidak ada air tergenang sehingga menjadi sarang nyamuk. Kemudian juga ketika hujan, istirahatlah di rumah. Begitu juga kalau panas, istirahat," pesannya.

Di samping itu, warga juga dihimbau untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi serat seperti sayur, buah dan juga tak kalah penting adalah protein dan vitamin.

"Jangan keseringan makan Mie. Kalau sering makan mie, itu akan menyebabkan obesitas. Jadi makan atau konsumsi bergizi tinggi serat," pintanya.

Selanjutnya, warga juga diingatkan untuk rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga tak harus lari, bisa juga jalan dan lain sebagainya.

"Yang pasti rutin dan teratur, jangan sifatnya dadakan. Misalnya sebulan hanya olahraga sekali, ya gak bermanfaat. Cukup 45 menit tapi rutin minimal 2 kali sehari, Insyaallah kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit," tutupnya. (rki)