Aplikasi Cendekia Rusak, Disdukcapil Pekanbaru Tutup Layanan Penerbitan KIA

Selasa, 13 September 2022 - 20:53:15 WIB

Suasana pelayanan di MPP Dinas Dukcapil Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, menutup sementara layanan pengurusan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pasalnya, layanan pengurusan melalui Aplikasi Cendekia atau Percepatan Penerbitan Dokumen KIA tak bisa diakses lantaran mengalami kerusakan sejak sepekan terakhir.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Kabid Dafduk) Disdukcapil Pekanbaru Maria Ulfa mengatakan, saat ini aplikasi tersebut masih tahap perbaikan oleh pihaknya.

"Masih ada kendala. Kita sedang lakukan perbaikan," ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Terkait penutupan sementara layanan penerbitan KIA itu, Mia sapaan akrabnya, menyatakan jika pihak Disdukcapil telah menyampaikannya kepada warga melalui mendia sosial (medsos) salah satunya di akun Instagram @disdukcapil_pekanbaru.

"Sehubungan dengan adanya perbaikan dan optimalisasi perangkat pencatatan KIA pada Disdukcapil Pekanbaru, maka dengan ini disampaikan bahwa layanan Cendekia mulai Rabu 7 September 2022 kami tutup sementara waktu sampai ada pengumuman selanjutnya". Begitu bunyi pemberitahuan yang disampaikan Disdukcapil.

Hingga kini, Disdukcapil belum bisa memastikan kapan Aplikasi Cendekia bisa kembali diakses oleh warga. "Namun kami akan upayakan secepatnya," pungkasnya. (rki)