Tempati Sentra UMKM, Diskop Pekanbaru akan Seleksi Pelaku UMKM

Jumat, 18 November 2022 - 22:07:52 WIB

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Sarbaini

Betuah Pekanbaru - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, akan menyeleksi pelaku UMKM yang nantinya bakal menempati sentra UMKM di eks kantor wakil walikota di Jalan Arifin Ahmad.

"Mana yang sesuai dengan ketentuan, kita siapkan bazar atau standnya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Sarbaini, Jumat (18/11/2022).

Di samping itu, Dinas Koperasi dan UMKM juga berkoordinasi dengan Dinas Perindag setempat untuk jumlah stand yang akan disiapkan di sentra UMKM.

"Karena leading sektornya itukan Disperindag, kita sifatnya untuk pelaku UMKM saja," ujarnya.

"Makanya kita koordinasikan dulu berapa tempat yang disiapkan, kemudian baru kita kondisikan UMKM mana yang pantas di situ. Kita hanya mengisi pelaku saja, karena untuk pelaku berada di bawah Dinas Koperasi," ulas Sarbaini.

Sesuai rencana, lanjut dia, pelaku UMKM nanti akan diambil perwakilan dari tiap-tiap kecamatan.

"Jadi kita juga koordinasi dengan pihak kecamatan, bagaimana teknisnya. Tapi yang pastinya kita harus tau dulu berapa jumlah tempat yang disiapkan untuk pelaku UMKM kita di Arifin Ahmad, kemudian nanti baru kita musyawarah dengan pihak kecamatan," tutupnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyatakan jika eks kantor wakil walikota yang jadi gedung bersama Badan Kesbangpol, Disbudpar, serta KONI itu akan mulai direnovasi sebagai sentra UMKM pada 2023 mendatang.

"Jadi kita akan rehab kantor wakil walikota lama itu menjadi pusat UMKM Kota Pekanbaru," ungkapnya, Senin (7/11/2022).

Selain itu guna menggerakkan ekonomi, pemerintah kota juga akan memberikan subsidi kepada pelaku UMKM. "Anggarannya (subsidi) di Dinas Koperasi, di situ kita masukkan," kata dia.

Guna mengembangkan sentra UMKM, pemerintah kota akan menjalin kerjasama dengan pengelola travel, sehingga ketika ada wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru, mereka bisa berbelanja berbagai produk UMKM.***