Baznas Pekanbaru Salurkan Zakat Rp725 Juta ke 197 Mustahik

Rabu, 23 November 2022 - 16:41:25 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat menyerahkan zakat kepada perwakilan penerima.

Betuah Pekanbaru - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, menyalurkan zakat sebesar Rp725 juta kepada para 197 mustahik atau golongan yang berhak mendapatkan zakat.

Zakat periode November 2022 ini diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun kepada perwakilan mustahik, bertempat di Masjid Agung Paripurna Ar-Rahman, Rabu (23/11/2022).

"Kita berharap zakat yang sudah disalurkan bisa bermanfaat bagi para penerima. Mereka bisa menggunakan zakat sesuai program yang ada," ucap Muflihun, usai kegiatan.

Untuk membantu Baznas dalam mengumpulkan zakat, ia mengajak seluruh ASN di lingkungan pemerintah kota untuk menyalurkan sebagian rezekinya ke Baznas setempat.

Dirinya menilai zakat ini membantu upaya memberi kebahagiaan bagi masyarakat kurang mampu dari segi ekonomi.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pekanbaru Endar Muda mengatakan bahwa mayoritas zakat yang terhimpun berasal dari para ASN di lingkungan pemerintah kota. Mereka yang menjadi penerima menjalani proses verifikasi.

Awalnya nama -nama calon penerima zakat dilakukan oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada. Setelah itu dilakukan survei untuk memastikan para penerima zakat layak menerima zakat. (rki)